Baru-baru ini, kehadiran perumahan dengan konsep syariah menjadi buah bibir di sebagian kalangan. Salah satu perumahan yang mengusung konsep syariah, yaitu de alexandria, berhasil membukukan penjualan lebih dari 50 unit hanya dalam waktu kurang dari sebulan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari perumahan dengan konsep syariah ini adalah pola pembayaran kredit/cicilan tanpa menggunakan bank hingga 15 tahun. Tidak sedikit yang bertanya bagaimana bisa membeli rumah dengan cicilan tanpa menggunakan KPR bank. Jika pembaca ingin mengetahui lebih banyak bagaimana developer menggunakan konsep syariah, artikel berikut semoba bisa memberikan jawaban yang dibutuhkan.

Dalam mengembangkan perumahan dengan konsep syariah, hal yang mutlak adalah modal usaha untuk pengembangan perumahan. Modal ini menjadi “darah” developer agar perumahan de alexandria dengan konsep syariah dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya, developer membuka penjualan dengan skema pembayaran DP dengan cicilan yang ringan. Modal yang dimiliki dan DP pembelian yang ada, dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan infrastruktur dan rumah. Selanjutnya, developer menahan mengambil keuntungan dari penjualan unit. Pengembalian modal serta keuntungan developer baru didapatkan pada tahun ke-3 melalui cicilan yang dibayarkan oleh konsumen.

Salah satu permasalahan yang dinilai menghambat adalah pembayaran cicilan, oleh karena itu diharapkan adanya saling percaya antara konsumen dan developer. Pembeli tidak perlu khawatir jika rumah belum dibangun, hal ini dikarenakan developer de alexandria sudah memiliki jadwal pembangunan infrastruktur serta rumah. Jumlah minimal rumah diperlukan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.