Baru-baru ini kami berdiskusi dengan beberapa teman dekat baik yang baru saja menikah ataupun akan menikah dalam kurun waktu 1 – 3 bulan ke depan. Banyak dari teman yang meminta pendapat dan masukan perihal rumah tinggal yang akan dihuni, apakah memilih rumah kontrak ataukah membeli rumah baru dengan tipe kecil.

Tentunya masing-masing pasangan memiliki pertimbangan sendiri dalam hal memilih rumah tinggal. Berikut tips bagi anda khususnya pasangan muda yang ingin menempati rumh tinggal. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan pendapatan anda dan pasangan anda.

1. Jika memilih untuk kontrak rumah, maka pastikan biaya sewa yang anda keluarkan tidak lebih dari 5% pertahun dari harga perkiraan rumah. Misalkan anda ingin menyewa rumah di sebuah daerah perumahan dengan harga rumah rata-rata 300 juta.. akan lebih baik jika harga sewa rumah pertahun < 5% atau maksimum 15 juta pertahun atau 1.25 juta perbulan.

Mengapa..? jika mampu untuk sewa rumah dengan biaya 2juta perbulan lebih baik anda dan pasangan membeli rumah.. sehingga tidak menghabiskan uang untuk biaya sewa

Kerugian dari memilih rumh kontrakan adalah berapapun biaya yang anda keluarkan untuk sewa rumah, anda tetap tidak akn memiliki rumah

2. Bagi anda yang memilih untuk membeli rumh dengan dana terbatas, anda bisa melakukan hal berikut yaitu Pilihlah rumah dengan type bangunan kecil namun tanah luas. Hidup berdua bagi pasangan muda rasanya belum membutuhkan ruangan yang banyak, cukup kamar tidur utama, ruang tamu, ruang makan, dapur dan kamar kecil.. tanah yang luas memungkinkan anda untuk membangun rumah secara bertahap dalam beberapa tahun. Disamping itu, anda bisa menabung terlebih dahulu untuk membangun rumah. Dskusikan dengan kontraktor mengenai blue print pembangunan rumah anda secara bertahap dalam 5 atau 10 tahun ke depan, hingga rumah anda dan pasangan benar-benar jadi sempurna.

Demikian tips dari kami tim inforumah.wordpress.com, semoga bermanfaat. ^_^