Melihat banyaknya komentar dari rekan-rekan yang berisi keluhan dalam membeli rumah, tim info rumah mencoba untuk berbagi tips kepada rekan-rekan ketika akan membeli rumah, khususnya perumahan baru yang dikembangkan oleh developer :

1. Dapatkan informasi secara detail dan pahami betul mengenai spesifikasi rumah, fasilitas komplek, syarat, ketentuan, serta prosedur dalam membeli rumah. Terkadang, pihak developer membuat perjanjian yang merugikan pihak pembeli / konsumen. Mis. denda jika membatalkan pembelian, atau jika DP tidak dibayarkan selambat-lambatnya 14 hari harga berubah, dan lain sebagainya. Lakukan survey ke lokasi yang akan dibangun, lihat kondisi tanah dan wilayah di sekelilingnya.

2. Jangan jatuh cinta pada pandangan pertama. Hal ini dapat terjadi ketika kita baru pertama kali mendatangi kantor pemasaran kemudian kita melakukan booking fee atau bahkan DP. Ini adalah “lawan” dari stategi pemasaran yang mengatakan “jangan lepaskan konsumen anda pada kunjungan pertama” yang biasa dilakukan oleh marketer-marketer. Pada kondisi ini, marketer biasanya berusaha untuk membujuk dan menawarkan berbagai macam penawaran yang menarik, pada tingkat tertentu anda akan menyadari bahwa “rayuan/bujukan” marketer akan terasa hambar. Jangan terpengaruh oleh iming-iming bonus, hadiah langsung, potongan / disc. karena yang anda butuhkan sebenarnya bukan itu, tapi rumah yang baik dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama..

3. Pada saat survey, sebisa mungkin anda survey seorang diri, jangan mengajak istri dan/atau anak. karena hal ini dapat menganggu rasionalitas anda dalam menilai rumah yang akan anda beli. Setelah anda survey dan mendapatkan informasinya, barulah rundingkan bersama istri di rumah. Jangan sampai anda mengambil keputusan karena faktor emosi.

4. Minta informasi kepada rekan kerja, saudara ataupun melalui internet mengenai pengalaman, pelayanan dan kapabilitas developer tersebut.

5. Jangan sampai ada “ganjalan” di hati ketika anda memutuskan untuk membeli rumah tsb.

6. Jika sudah memutuskan membeli dan melakukan transaksi dengan pengembang, pantau terus rumah anda, itu adalah hak anda dan jangan ragu untuk melaporkan kepada direktorat perlindungan konsumen jika anda merasa tidak mendapatkan hak sebagai konsumen, berikut web yang bisa anda akses : http://pkditjenpdn.depdag.go.id/index.php?page=prosedur

Demikian sebagian tips dalam membeli rumah, tips ini bukan merupakan tips/cara terbaik dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah. Rekan-rekan mungkin memiliki tips sendiri ketika membeli rumah.

salam hangat.